www.asalmlaku.blogspot.com INFO TERBARU: BURSA KERJA GRATIS
Lazada Indonesia

Tuesday, October 9, 2012

BURSA KERJA GRATIS


Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY kembali menggelar bursa kerja  gratis untuk umum di Gedung Wanitatama Yogyakarta pada 9 hingga 14 Oktober 2012. Job fair kedua yang digelar pihak Dinakertrans merupakan upaya menjembatani angkatan kerja dengan dunia kerja.

Kepala Disnakertrans DIY, Ir Budi Antono mengatakan bursa kerja ini juga untuk mengurangi jumlah pengangguran, baik pengangguran terbuka ataupun setengah pengangguran. Tingkat pengangguran terbuka di DIY turun dalam kurun waktu 2 tahun terakhir dan relatif lebih rendah dibanding angka nasional.

"Saat ini tingkat pengangguran terbuka di DIY hanya 3,97 persen lebih kecil dibanding angka nasional yang mencapai 6,56 persen. Namun demikian, permasalahan pengangguran di DIY bukan hanya pengangguran terbuka tetapi juga setengah penganggur. Jumlah setengah penganggur saat ini cukup besar, mencapai angka 127.732 orang dan penduduk bekerja di sektor informal
sekitar 55,62 persen, umumnya bekerja dengan produktivitas yang rendah," paparnya di sela-sela pembukaan Job Fair Disnakertrans di Gedung Wanitatama, Selasa (9/10).

Budi mengungkapkan tingginya tingkat setengah penganggur yang berpendidikan tinggi di DIY karena kesempatan kerja yang terbatas pada sektor-sektor formal, belum link and match antara pendidikan dengan pasar kerja serta minimnya pendidikan berwirausaha (enterprenuership) bagi angkatan kerja.

"Minimnya lapangan kerja menyebabkan pekerja di sektor informal lebih besar mencapai 55,61 persen atau sekitar 1.000.283 orang sementara sisanya di sektor informal sekitar 798.312 atau 44,39 persen," tambahnya.

Kepala Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans DIY, Basuki Murdowo mengatakan, Jumlah pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 3,97 persen dari jumlah penduduk 3.457.491. Pengangguran terbuka justru didominasi oleh oleh usia muda yang produktif.

Basuki menjelaskan jumlah sarjana yang menganngur mencapai  11.338 orang. Sedangkan pengangguran tertinggi adalah lulusan sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mencapai 22.547 orang. Sedangkan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menganggur mencapai  19.491 orang. Total pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 127 ribu orang.

"Pengangguran didominasi oleh kelompok umur di bawah 29 tahun, yaitu mencapai 70 persen. Kelompok ini merupakan pengangguran terbuka yang produktif," katanya

Pihaknya dengan anggaran dari APBD dan APBN terus berupaya menekan angka pengangguran antara lain pemberian pelatihan kewirausahaan hingga penyelenggaraan Job Fair secara gratis 2 kali dalam setahun. Tujuannya untuk mengurangi jumlah penggangguran di DIY.