www.asalmlaku.blogspot.com INFO TERBARU: UGM Jadi Pusat Study ASEAN
Lazada Indonesia

Tuesday, October 9, 2012

UGM Jadi Pusat Study ASEAN

 



Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Direktorat Jendral Kerjasama ASEAN menunjuk UGM sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki ASEAN Studi Center (ASC) atau pusat studi ASEAN.

ASC merupakan wadah bagi akademisi maupun masyarakat luas, untuk bertukar ilmu dan pengalaman lain terkait dengan isu krusial di ASEAN maupun studi mengenai negara-negara Asia Tenggara.


Direktur Jendral Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negri, I Gusti Agung Wesaka Puja, MA, mengungkapkan, pusat studi ASEAN dianggap penting dibentuk mengingat selama ini belum ada satupun pusat studi di Indonesia yang fokus pada ASEAN. Sementara, terdapat tantangan kedepan sesuai dengan mandat piagam ASEAN untuk membentuk One Single Community ASEAN di tahun 2015 mendatang.


"Penting bagi kita untuk memahami betul ASEAN itu apa dan kedepan bagaimana. Selama ini banyak pusat studi seperti Jepang, Cina dan lainnya tetapi pusat studi ASEAN belum ada. Padahal ASEAN adalah soko guru dari negara-negara Asia lain," ujarnya usai penandatanganan nota kesepahaman UGM-ASEAN di ruang seminar Fisipol UGM, Kamis (4/10).


Menurutnya, ASEAN kini telah dilirik oleh negara-negara Eropa dan Amerika yang mulai menyadari bahwa negara-negara ASEAN merupakan kekuatan baru perekonomian dunia. Sehingga, adalah tidak tepat jika Indonesia sebagai bagian dari ASEAN malah tidak fokus pada ASEAN dan tidak memiliki pusat studinya.


"Di pusat studi ASEAN, kita tidak hanya fokus mempelajari politik keamanan dan sosial budaya, tetapi bagaimana mengembangkan perekonomian yang kuat. UGM dipilih sebagai pusat studi pertama mengingat disini memiliki SDM yang lengkap sekaligus keberadaannya di Yogyakarta yang merupakan representasi budaya Indonesia," tuturnya.


Dengan adanya pusat studi ASEAN tersebut, diharapkan output ASEAN people oriented akan menjangkau semua elemen masyarakat dan Indonesia siap menghadapi persaingan regional. "Jangan sampai Indonesia hanya sebagai pasar produk saja tetapi juga bisa menjadi pasar tenaga ahli di berbagai bidang," ungkapnya.


Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc. Sc menambahkan, pusat studi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia selama ini hanya fokus pada studi sosial diantara negara Asia Tenggara. Namun belum satupun institusi yang fokus pada ASEAN itu sendiri