www.asalmlaku.blogspot.com INFO TERBARU: Vocational Days UGM 2012
Lazada Indonesia

Monday, November 26, 2012

Vocational Days UGM 2012

YOGYAKARTA-Pemerintah terus mendukung digalakannya pendidikan vokasi di Indonesia. Buktinya, saat ini pemerintah telah mencanangkan pendirian 100 politeknik baru, serta memacu komposisi jumlah SMK:SMA menjadi 60:40. Untuk DIY perbandingan jumlah SMK: SMA saat ini telah mencapai sekitar 55:45.

Begitu pula dengan UGM. Sebagai bentuk dukungan penguatan pendidikan vokasi nasional tersebut Sekolah Vokasi UGM menggelar Vocational Days UGM (V-Days) 2012, pada 27-29 November 2012 mendatang.

“Bentuk dukungan ini juga masih sejalan dengan rangkaian Dies Natalis UGM ke-62,’urai Ketua Panitia V-Days UGM 2012, Dr. Agus Nugroho, Senin (19/11).

Menurut Agus rangkaian acara V-Days ini terdiri dari seminar nasional dan job fair, serta kompetisi stand up comedy mahasiswa pada 1-2 Desember 2012. Seminar nasional dengan tema Sinergitas Pendidikan Vokasi dan Industri akan diselenggarakan di Grand Aston Hotel & Convention Center Yogyakarta. Pembicara kunci yang akan hadir dalam acara tersebut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. H.A. Muhaimin Iskandar.

Sementara itu pembicara lainnya, yaitu Drs. Bagus Marijanto, M.A(Direktur Bina Pemagangan Kemankertrans), Ir. Anang Tjahyono, M.T. (Direktur Pembinaan SMK), Megawati Santoso, Ph.D (Ketua Tim Penyiapan KKNI DitBelMawa Kemendikbud), Djonggi Gultom (Direktur PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk. Subsidiary Hitachi Construction Machinery Japan, mitra Teknik Alat Berat SV-UGM), Dr.dr.R. Hapsara Habib Rachmat, DPH. (konsultan senior Pengembangan Kesehatan Kemenkes), Yakub Liman (Direktur Politeknik Astra), Elang Gumilang (enterpreneur), dan lain-lain.

“Sekolah Vokasi UGM dengan 24 prodi di dalamnya siap menyambut kehadiran dan partisipasi masyarakat luas pada rangkaian even V-Days ini,’papar Agus.

Senada dengan itu Direktur Sekolah Vokasi UGM, Ir. Hotma Prawoto, MT menambahkan pada seminar nasional ini akan digagas dan diinisiasi pengembangan Sistem Database SDM Vokasi Indonesia yang akan diintegrasikan dengan berbagai departemen seperti Kemenakertrans dan sistem HRD di industri.

















Hotma menjelaskan untuk Job Fair, Expo Industri & Vokasi, akan diadakan di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM dengan menghadirkan puluhan perusahaan/industri terkemuka seperti Astra Daihatsu Motor, Nutrifood, SMC Pneumatics, BNI, Bank BTN, PT. Denso, Inni Happy Dream, PT. Cussonz,Inti Ganda Perdana, PT. Dharma Polimetal, dan PT. GMUM.

“Ketiga even di dalam V-Days ini akan menandai soft-launching VDC-SVUGM (Vocational Development Center) yang diharapkan akan memberikan dampak berkelanjutan pada penguatan pendidikan vokasi nasional,’pungkas Hotma.